Friday, July 31, 2015

Catatan Akhir Kuliah

SPOILER ALERT

Senin kemarin saya berkesempatan menonton premier Film Catatan Akhir Kuliah. Saya mendapatkan tiket gratis karena adik saya, C, ikut berperan dalam Film sebagai figuran. 
Dulu saya yang menyuruh dia ikutan casting, "daripada kamu galau skripsi, mending ikutan aja main film, buat ngisi waktu luang". Saya menyuruh dia casting untuk peran Ajeb, karena karakter adik saya yang mirip-mirip dengan Ajeb yang asli-sorry little brother :p


catatan akhir kuliah

Catatan Akhir Kuliah adalah film yang diangkat dari buku karangan Sam Maulana, teman seangkatan dan sejurusan saya waktu kuliah dulu di Departemen Gizi Masyarakat, Institut Pertanian Bogor,

Sebenarnya cerita di film ini sederhana saja, tentang perjuangan seorang mahasiswa di kampus dalam menggapai cita dan cintanya. Tapi kesederhanaan inilah yang menurut saya menarik. Kesederhanaanya membuat saya ikut hanyut dalam cerita. Terlebih syuting yang dilakukan di kampus IPB pun mendukung suasana nostalgia akan kampus tercinta.

Cerita ini mengisahkan perjuangan Sam bersama kedua sahabatnya Ajeb, dan Sobari. Sam adalah seorang mahasiswa yang biasa-biasa saja, memilih jurusan pun karena mengikuti teman SMAnya, Tika. Sedangkan Ajeb adalah sahabat Sam yang 'agak aneh' dan Sobari adalah sahabat Sam yang pintar dengan tampang lumayan.
Saat awal kuliah, Sam dengan 'demokratis'nya terpilih sebagai Komti kelas (yang meskipun terdengar agak bergengsi tapi arti sebenarnya adalah bertanggung jawab atas fotokopian materi kuliah mahasiswa satu kelas :'( ). Tapi dengan 'demokratis'nya Sam menunjuk lagi orang kedua sebagai PJ fotokopian. Saya masih ingat sekali dulu ketika saya terpilih jadi 'tukang fotokopi' kelas, ditunjuk oleh Sam nya kelas saya, sahabat saya RS tertawa terbahak-bahak atas nasib saya kala itu.

Kemudian di sela-sela kuliah yang padat,  Sam mengikuti PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), satu kelompok dengan teman-teman berbeda angkatan dan jurusan, merasa begitu percaya diri akan menjadi juara tapi akhirnya kecewa karena gagal. Tapi tetap bersyukur karena dengan mengikuti PKM-lah bisa mendapat kesempatan bertemu dan berjuang bersama teman-teman. Dan untuk Sam, dia bisa PeDeKaTe dengan sang pujaan hati, meskipun pada akhirnya kecewa karena sang gebetan ternyata sudah ada yang punya. #LOL
"Jangan pernah takut untuk mencoba, kita belajar dari kegagalan, dan saat kita sukses kegagalan akan menjadi kenangan yang membuat kita tersenyum."

Film ini juga menceritakan perjuangan Sam menyelesaikan skripsi dimana berkali-kali dicoret dan ditolak oleh dosen, sementara sahabat-sahabatnya sudah mulai mengerjakan penelitiannya. Saya juga ingat dulu saya sampai hopeless karena berbagai judul yang saya ajukan ditolak semua, tapi beruntunglah kita yang memiliki sahabat yang selalu mendukung kita. :)

Credit Title, ada nama Sam Maulana dan adik saya loh :D

Menariknya film ini disajikan dengan gaya skripsi, dimulai dari Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Metodologi, Pembahasan, sampai pada Kesimpulan.  Kita juga bisa melihat Sam Maulana menjadi cameo di film ini. Saya sempat tertawa saat melihat adegan itu (Sam mendingan Anda nulis aja deh, jangan main film #hahaha)
Serunya kita juga bisa melihat Bima Arya, walikota Bogor, berperan sebagai dosen di mata kuliah Ilmu Pengolahan Daging, juga Mario Teguh yang berperan sebagai dirinya sendiri.


Perkenalan pemain saat gala premiere

Banyak teman saya yang bertanya "Gimana, bagus gak filmya?"
Hmm. Saya tidak bisa berkata banyak, tapi yang pasti Saya merekomendasikan untuk nonton film ini bagi semua yang pernah, sedang, atau akan jadi mahasiswa.


No comments:

Post a Comment