Friday, May 6, 2011

tergerus zaman

Hari rabu yang lalu, saya bersama seorang teman sedang berada dalam perjalanan di sebuah angkutan kota yang biasa disebut angkot. Untuk mengusir rasa bosan selama perjalanan, saya melihat2 majalah. Tanpa sengaja saya melihat 1 halaman yang desainya seperti bepe2an. Itu loh mainan semacam barbie versi 2 dimensi yg terbuat dr karton. Dulu zaman masih sd itu mainan favorit saya dan teman2. Mainan yang rasa-rasanya sudah tergerus zaman. Sudah tinggal kenangan.

Di angkot, sementara saya heboh soal bepe2an, tiba2 seorang penumpang berkata "bongkar pasang". Saya bingung, karna bingung saya jadi bengong. Melihat saya yang masIh bengong si penumpang berkata lagi "bepe itu singkatan dari bongkar pasang"...dan barulah saya mengerti..wah ternyata bepe itu ada artinya ya....

Gara2 si 'bongkar-pasang'  saya jadi ingat lagi dengan mainan2 jadul, seperti congklak, bekel, layang2an, kelereng, dan permainan lain seperti cing umpet, cing jongkok, cing benteng, dan banyak lagi
Perkembangan teknologi, dan juga ekonomi membuat mainan2 'jadul' semakin ditinggalkan. Sekarang saya lebih sering melihat bocah2 berseragam putih merah sibuk dengan ponselnya, atau dengan psp, dan permainan lain yang menggunakan teknologi digital.

Yah begitulah zaman terus berganti, dari yang tradisonal digantikan teknologi digital, yang konvensional diganti yang modern, yang sekarang menjadi tren pun akan tergantikan dengan tren yang lebih baru.






No comments:

Post a Comment