Sunday, May 1, 2011

arti sebuah nama

beberapa waktu yg lalu saya sempat ngobrol2 sama teman2 tentang nama.
Saya dan teman2 berandai2 jika punya anak nanti mau dikasih nama apa.
*padahal pasangan aja belom ada udah mikir nama anak

kalau ada yang bilang apalah arti sebuah nama
saya tidak setuju..menurut saya nama itu sangat berarti.
bayangkan saja kalau kita tidak punya nama, semua orang kita sebut si itu, atau si anu, komunikasi akan sangat tidak efektif.

Nah, sebelum si anak menyandang sebuah nama.
Ada banyak pertimbangan sebelum orang tua memberi nama pada anaknya..*menurut analisis saya
 1. singkatan dari nama 2 orangtuanya  
     misalnya Yola anak dari pak yogi dan bu lola, bayu anak dari pak budi dan bu ayu..dll
     saya sih merasa beruntung orang tua saya tidak coba menyingkat nama mereka untuk jadi nama saya,
     karna bisa2 kalau nama orangtua saya digabungkan nama saya menjadi SATIMAN
 2. ada yang 1 keluarga huruf pertama namanya sama semua
     kalau dari r, ya dari r semua
     misalnya anak pertama ruri, kedua rani, ketiga rawi, keempat rofi, kelima rexy, seterusnya dari r
 3. sesuai peristiwa atau hari besar kelahiran sang anak
     misalnya lahir pas idul fitri jadi fitri, pas ramadhan ya jadi ramadhan atau ramadhani
     hmm.. karna saat saya lahir sepertinya tidak ada suatu peristiwa yg istimewa di dunia ini
     tentunya hal ini tidak jadi pertimbangan ortu saya
 4. nama artis idola
     kadang saking ngefans sama artis orang tua memberi nama anak dengan nama artis tersebut
     misalnya si ortu ngefans sama ayu azhari maka anaknya diberi nama persis seperti artis idolanya itu
     untungnya ortu saya g ngasi nama dengan metode ini..
     karna setau saya bapak saya ngefans sama benyamin, bisa2 nama saya jadi benyaminwati
 5. bulan kelahiran
     kadang bulan kelahiran suka dipakai orang tua untuk nama anaknya
     misanya lahir bulan april jadi aprilia, juli jadi julia, agustus jadi agustinus, atau agustina..
     ada juga temannya teman saya yang lahir di bulan agustus dikasih nama sutsuga,
     sekilas kaya nama jepang ya..tapi itu sebenarnya kalo bacanya dibalik jadi agustus..
     hmmm..lagi2 saya bersyukur
     karena orang tua saya tidak terpikir memberi saya nama dengan ngebalik bulan lahir saya,
     bisa2 nama saya jadi IEM atau dibaca IYEM..wadoh....
  6. kalau misalnya anaknya kembar, biasanya namanya pun kembar 
      misal maulana maulani...dika diki
  7. nama tokoh sinetron
      kalau diatas ada nama artis disini nama perannya di sinetron, biasanya sinetron yg lg booming
      misalnya lg booming sinetron amira, nah si anak pun diberi nama amira
      bahkan  pernah saya dengar ada orang yang namanya richie rich...hmmm
  8. [mungkin] perasaan si ortu pas anak lahir
      misalnya kasih, cinta, rindu, prihatin
  9. sesuai tempat kelahiran anak,
      biasanya ini yg anaknya lahir di luar negeri
      misalnya swedianti, svenskarin, sydney
10. sesuai budaya (daerah asal)
      biasanya nama anak di tiap daerah ada ciri khasnya tersendiri,
      misalnya orang sunda namanya pake qolqolah contoh mia srimiati wawan gunawan, wawan dinawan, dll
      kalau dijawa biasany pake awalan su,dan pake akhiran o misalnya sukarno, suharto, susilo,suseno
      ya..kadang dari namanya kita bisa tahu asal daerah seseorang
11. diambil dari kata2 di kitab suci
      misalnya ridwan, jannah, sakinah, istiqomah
      kalau ini biasanya nama sebagai doa untuk anaknya..makanya artinya bagus2..
      tapi pernah loh saya denger teman ortu saya namanya jahanam.
      pikir saya mungkin dulu ortunya g ngerti artinya karna dari kitab suci dianggap bagus aja..
      hmm tips dari saya sebelum ngasi nama sebaiknya cari tau dulu ya arti namanya apa
12. sesuai agama
      misalnya agama kristen namanya kristina, kalau yaang islam muslimin
13. sesuai jenis kelamin si anak
      kalau si anak laki laki namanya jadi pria, putra, kalau perempuan misalnya gadis, putri, dara
14. yang penting unik
      ada juga orang tua yang ingin memiliki nama yang unik untuk anaknya.
      seperti anaknya melly goeslaw yg bernama anakku lelaki hud...

*yah itulah sebagian metode memberi nama untuk anak, yang cukup banyak saya jumpai.









No comments:

Post a Comment